Pengertian gardan / diffirential 

Differensial atau yang biasa disebut gardan adalah salah satu komponen paling penting yang ada pada kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat. Gardan atau differential ini adalah salah satu komponen yang masih termasuk bagian dari sistem penggerak kendaraan sehingga keberadaannya sangatlah diperlukan. Fungsi utama dari gardan ini adalah untuk meneruskan tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin mobil menuju roda roda penggerak yang sebelumnya tenaga putar ini dihubungkan ke sistem kopling – transmisi – batang propeller dan selanjutnya adalah gardan.
Diambil dari bahasa inggris “differential” yang memiliki arti “beda”, jadi arti dari gardan ini kurang lebih adalah komponen yang berfungsi sebagai “pembeda”. Pembeda dalam hal apa ? khusus di dunia otomotif, pembeda yang dimaksud disini adalah untuk membedakan gerakan putar antara poros ban kiri dan kanan kendaraan saat belok.

Selain berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dari mesin ke poros penggerak ternyata gardan juga memiliki fungsi lain yang mungkin saja masih jarang orang yang tahu, oleh sebab itu pada tulisan kali ini selain membagikan tentang pengertian gardan atau differential, kami juga akan memberikan pejelasan singkat mengenai fungsi dari gardan mobil.

Fungsi Gardan atau Differential


1. Gardan sebagai pembeda putaran poros roda antara kiri dan kanan

Fungsi utama dari gardan atau differensial ini adalah sebagai pembeda gerak putar antara poros atau as roda bagian kiri dan bagian kanan kendaraan. Dengan adanya perbedaan putar inilah radius belok mobil menjadi lebih pendek sehingga mobil tidak perlu berputar lebih jauh ketika belok full. Selain mempermudahkan mobil pada saat belok, dengan adanya perbedaan putaran antara roda kiri dan kanan mobil membuat salah satu ban tidak mengalami slip yang hanya akan membuatnya cepat aus dan rusak.

2. Gardan sebagai penerus tenaga putar mesin menuju poros penggerak

Gardan selain memiliki fungsi sebagai pembeda gerak antara poros roda bagian kiri dan kanan juga memiliki fungsi lainnya yakni sebagai penerus tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin menuju poros roda penggerak, dalam hal ini adalah ban kendaraan.

3. Gardan mengubah arah putar sebesar 90 derajat

Dengan adanya gardan pada kendaraan ini, maka tenaga putar yang semula lurus dari mesin – transmisi – kopling akan diubah menjadi sebesar 90 derajat sehingga dapat memutar poros roda penggerak. Coba bayangkan tanpa adanya gardan ini, mungkin mobil jalannya tidak lagi kedepan atau kebelakang melainkan menyamping ke kiri ataupun kekanan layaknya kepiting :).

gear

4. Meningkatkan tenaga putar / momen

Dengan adanya gardan ini maka tenaga ptar yang dihasilkan oleh mesin bisa ditingkatkan lebih besar lagi dan selanjutnya tenaga ini akan disalurkan ke poros poros roda penggerak. Hal ini bisa anda lihat dimana gigi pinion gear yang ukurannya kecil ini memutar ring gear yang ukurannya lebih besar

Salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada kendaraan roda empat ialah gardan atau differential yang memiliki fungsi paling utama sebagai pembeda putaran as roda kiri dan kanan pada kendaraan. Dengan adanya gardan inilah radius sudut belok mobil menjadi lebih pendek.

Pelumas dengan klasifikasi API GL-5 adalah pelumas khusus yang diformulasikan untukpenggunaan pada axle/gardan.

Kerusakan umum pada Gardan

 

Komponen differential ini terdiri dari beberapa rangkaian gear serta laher atau bearing yang dilengkapi dengan oli pelumas agar gear yang ada didalam gardan tidak cepat aus dan rusak. Karena sistem kerjanya yang selalu bergesekan inilah gardan akan cepat mengalami kerusakan jika kita sampai telat dalam melakukan penggantian oli gardan. Gear gardan yang sudah aus ini selain menurunkan kinerja akselerasi disaat belok juga membuat suara dengung yang menganggu.

Bunyi gardan yang mendengung dengung ini biasanya diakibatkan karena kondisi laher bearing ataupun gear yang ada didalamnya terlalu rapat ( tidak ada celah ) sehingga timbul bunyi yang demikian.

Selain bunyi dengung yang menjengkelkan layaknya bunyi pesawat terbang ini, ada juga beberapa masalah lain yang seringkali timbul pada gardan atau differential mobil yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Gardan mobil terasa bergetar saat akselerasi

Terkadang gardan juga bisa bergetar ketika mobil sedang dipacu dijalan raya, hal ini disebabkan karena adanya salah satu atau komponen bearing yang ada didalam gardan mobil rusak, hancur atau ambrol. Ambrolnya bearing yang ada didalam gardan ini pun dipengaruhi oleh banyak faktor, selain faktor usia bisa disebabkan karena kualitas material yang digunakan buruk ( imitasi ) saat melakukan penggantian, atau bisa juga karena penyetelan yang salah jika gardan pernah dibongkar.

2.      Oli gardan bocor atau merembes

Masalah yang kerap kali menghampiri gardan selanjutnya adalah karena adanya kebocoran ataupun adanya rembesan oli gardan yang keluar. Hal ini biasanya diakibatkan karena baut sumbat oli gardan kurang kencang, bisa juga karena sumbat oli tidak memakai packing baru. Jika gardan mobil pernah dilakukan pembongkaran dan ternyata bocor kembali, besar kemungkinan karena sewaktu mekanik merakit kembali gardan, pemasangan packing kurang tepat dan atau karena cara pemberian lem sealer yang kurang rata sehingga terjadi kebocoran berulang.

3.      Oli gardan bocor karena Seal pinion gear yang sudah aus

Ada beberapa mobil yang juga mengalami kebocoran di bagian gardan tepatnya pada pangkal pinion gear, yakni sebuah gear yang menghubungkan antara ring gear menuju batang propeller. Di bagian pinion ini juga terdapat sebuah seal yang menahan agar oli gardan tidak bocor ataupun merembes melalui celah ini, dan karena mungkin usia seal yang sudah tua dan aus membuat oli gardan mampu meresap dan merembes dari celah ini.

4.      Oli gardan bocor karena Seal as roda sudah aus

Kebocoran oli gardan bisa juga melalui as roda belakang mobil yang dikarenakan seal as roda juga mengalami keausan sehingga lambat laun oli bisa bocor melalui bagian as roda, yang selanjutnya akan merembes kedalam drum brake dan mempengaruhi kinerja rem tromol belakang mobil.

5.      Adanya retak di bagian gardan

Kejadian retaknya gardan sebuah kendaraan memang sangat jarang sekali terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kebocoran oli gardan bisa berasal dari retak pada bagian gardan, sebab penulis sendiri pun pernah mendapati mobil isuzu panther gardan nya retak sebesar rambut dan oli selalu keluar melalui celah retakan ini.

Oli Transmisi atau Spirax diperlukan untuk menjaga kinerja dan ketangguhan Gardan Mobil dan Truk